Tanggung Jawab Orang Tua


Orang tua berkasih sayang kepada anak-anaknya. Ini adalah menjadi sebuah tanggungjawab sosial. Bentuk kasih sayang itu tak hanya memenuhi kebutuhan jasmani belaka. Tetapi, juga kebutuhan rohaninya. Memberikan arahan atau nasehat yang baik.

Orang tua sudah selayaknya mengajarkan anaknya mengenal Tuhan. Dimana anak saat lahir dalam keadaan suci. Selanjutnya orang tualah yang bertanggung jawab terhadap anaknya. Mau dibawa kemana anak kita?

Orang tua selain mengajarkan anaknya mengenal Allah SWT juga harus mengajarkan anaknya ibadah. Cara mengesakan Sang Pencipta itu seperit apa. Bagaimana cara sholat lima waktu. Bagaimana cara membaca Quran.

Disamping ibadah orang tua harus mendidik budi pekerti anak. Bagaimana cara berbicara kepada orang yang lebih tua, seusia dan kepada orang yang lebih muda. Orang tua tidak boleh lalai mengingatkan hal ini kepada anak-anaknya. Bagaimana cara berjalan di samping orang tua. Bagaimana cara bertamu. Bagaimana cara bertetangga dll. Budi pekerti menjadi hal yang tak boleh dilupakan.

Jadi orang tua harus mengajarkan keimanan, ibadah dan akhlak kepada anaknya. Tidak hanya sebatas menyekolahkannya disekolah bergengsi. Tidak hanya memperhatikan kebutuhan makan dan minumnya. Tak hanya memberikan kendaraan dan gadget yang terbaru.

Disamping itu, orang tua selayaknya memberkan atensi kepada anaknya secara menyeluruh. Orang tua perhatian kepada anaknya dimulai dipagi hari sebelum anak bangun tidur sampai akan pergi ke tempat tidur. Perhatikan gerak gerik anak selama seharian. Apa yang telah dan mereka kerjakan.

Jika anak telah melakukan hal yang baik maka tak ada salahnya orang tua memberikan apresiasi. Sambil terus mendorong anak untuk melakukan kebaikan itu.

Sebaliknya, jika akan melakukan tindakan yang menyeleweng maka jangan segan-segan untuk menegurnya. Berikan mereka nasehat yang baik. Jika masih berulang maka berikan punishment agar mereka jera. Nah, disinilah bentuk atensi orang tua kepada anak.

Jangan sampai orang tua tak acuh kepada anaknya. Anaknya berbuat jelek tak pernah ditegur. Anak pulang malam tak pernah digubris. Tak pernah ditanya. Tak pernah dihukum.

Anak tak pernah sholat lima waktu tak pernah diarahkan. Anak tak bisa membawa quran tak diajari. Anak berbicara kasar tak pernah diajari cara berbicara yang baik. Anak gadis kita berpakaian minim tapi tak diajak berpakaian yang sopan.

 klik disini untuk mendapatkan fasilitas 100 % serba gratis
Dapatkan Fasilitas 100 % Serba Gratis Sekarang Juga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gimana Hukumnya Mencari Kutu (Petan)

Bantu Pemerintah

Ukuran Kecerdasan