Pendidikan Akhlaq



Pendidikan Akhlaq - Negara sedang kalut menghadapi generasi muda. Saat ini bangsa sedang mengalami permasalahan yang kompleks. Tidak hanya mendera kaum atas. Tetapi, juga permasalahan juga mendera anak kecil dan remaja. Lihatlah tingkah remaja sekarang ini. Kebanyakan keluar dari norma-norma yang berlaku di tengah-tengah masyarakat. Apakah itu norma agama, kesopanan, kesusilaan.

Maka Pendidikan Akhlaq / karakter akhir-akhir ini menjadi sebuah barang yang diagung-agungkan. Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan berupaya memasukkan nilai-nilai budi pekerti dalam mata pelajaran. Tidak hanya mata pelajaran kewarganegaraan dan pendidikan agama. Namun, untuk semua mata pelajaran. Semuanya mendapat porsi dalam hal pendidikan karakter.

Jika kita menengok permasalahan yang sedang booming di tengah-tengah masyarakat saat ini maka kita akan menggeleng-gelengkan kepala. Hati kita miris melihat pemuda bentrok. Tawuran antar pelajar dan mahasiswa. Orang dewasa pun tak mau ketinggalan. Baru-baru ini konflik antar kampung terjadi di Nusa Tenggara. Pemicunya kadang hal yang sepele lalu berubah menjadi konflik yang masif.

Yang masih menjadi permasalahan kita ialah bagaimana penerapan Pendidikan Akhlaq / karakter disemua tingkatan. Jika kita lihat selama ini mata pelajaran hanya berorientasi aspek kognitif. Tidak berorientasi pada aspek afektif. Dalam hal ini akan terjadi tabrakan. Apakah seorang guru akan mengajar dengan tidak mengindahkan Rencana Proses Pembelajaran (RPP). Selama ini kan guru mengajar berdasarkan RPP. Jika mengajar karakter berarti waktu akan terpakai sebahagian. Namun, menurut penulis itu tak menjadi permasalahan. Justru pendidikan moral itulah yang lebih penting dibanding aspek pengetahuan belaka.

sumber

 klik disini untuk mendapatkan fasilitas 100 % serba gratis
Dapatkan Fasilitas 100 % Serba Gratis Sekarang Juga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gimana Hukumnya Mencari Kutu (Petan)

Bantu Pemerintah

Ukuran Kecerdasan